Purbalingga, 13 Oktober 2025 —
Workshop Kurikulum Merdeka di MI Negeri 2 Purbalingga berlanjut ke Day
Two dengan semangat belajar yang tetap membara. Jika pada hari pertama
peserta dibimbing oleh Wiwik Ekawati, maka kali ini giliran Budi Soekarno yang
hadir sebagai narasumber, membagikan ilmu dan pengalamannya seputar penyusunan
Prota (Program Tahunan), Prosem (Program Semester), KKTP (Kriteria Ketercapaian
Tujuan Pembelajaran) dan Asesmen.
Sejak pagi, suasana madrasah
sudah terasa berbeda. Para guru datang dengan membawa catatan dan hasil kerja
dari hari sebelumnya, siap melanjutkan proses penyusunan perangkat pembelajaran
yang lebih lengkap.
“Kurikulum Merdeka memberi
ruang bagi guru untuk berkreasi. Tapi kebebasan itu perlu diiringi dengan
perencanaan yang jelas agar arah pembelajaran tetap terukur,” ujar Budi Soekarno
mengawali sesi.
Beliau kemudian menjelaskan
bagaimana Prota dan Prosem menjadi fondasi penting dalam mengatur alur kegiatan
belajar selama satu tahun dan satu semester. Guru diajak memahami bahwa dokumen
ini bukan hanya formalitas, melainkan peta jalan pembelajaran yang membantu
guru menyiapkan pengalaman belajar terbaik bagi peserta didik.
Setelah penjelasan, peserta
langsung berlatih menyusun Prota dan Prosem sesuai dengan fase dan mata
pelajaran masing-masing. Suasana belajar terlihat aktif — para guru berdiskusi,
saling bertukar ide, dan menyesuaikan alokasi waktu kegiatan dengan kondisi
nyata di madrasah.
Sesi berikutnya berfokus pada dan KKTP dan Asesmen. Budi Soekarno menekankan menentukan KKTP yang realistis namun tetap menantang. Terkait Asesmen sebagai alat untuk memahami perkembangan belajar siswa, bukan sekadar alat penilaian hasil akhir. Beliau juga memberikan contoh-contoh asesmen diagnostik, formatif, sumatif.
|
|
Para peserta tampak antusias tidak
ragu mengajukan pertanyaan. Beberapa guru bahkan membagikan pengalaman praktik
penilaian di kelas mereka, yang kemudian ditanggapi langsung oleh narasumber.
Menjelang akhir kegiatan, setiap kelompok diminta menyusun rancangan KKTP berdasarkan Alur Tujuan Pembelajaran yang telah dibuat di hari pertama dan rancangan asesmen sederhana. Pada sesi ini peserta mempresentasikan hasil kerjanya satu per satu yang disambut dengan pertanyaan dan tanggapan dari peserta lain yang membuat suasana workshop hari ini semakin menarik.
Dengan selesainya workshop hari
kedua, para guru kini semakin siap menuju Day Three, yang akan menjadi
puncak dari rangkaian workshop.
News writer: Khunafatul
Arrofah
Editor: Achmadi
Photo: Ahmad Fauzi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar